Saat Mata 'Tersihir' Masjid Nasir Al Mulk

Masjid yang terletak di Shiraz, negeri Iran ini dibangun sekitar tahun 1876-1888 oleh salah satu bangsawan Dinasti Qajar, Mirza Hasan Ali Nasir al Mulk. Meskipun sudah berumur kurang lebih dua abad, namun di balik eksterior tradisonalnya tersembunyi rahasia keindahaan yang 'menyihir' setiap mata...

Saat Mata 'Tersihir' Masjid Nasir Al Mulk
Masjid Nasr Ul Mulk menjadi salah satu masjid di dunia dengan keindahan interior yang membuat takjub setiap mata memandang.

Masjid besar dan megah ini yang terletak di Shiraz, Iran ini dibangun sekitar tahun 1876-1888 oleh salah satu bangsawan 
Dinasti Qajar, Mirza Hasan Ali Nasir al Mulk.



Meskipun sudah berumur kurang lebih dua abad, namun di balik eksterior tradisonalnya tersembunyi rahasia keindahaan yang menakjubkan.

Berjalan di dalam masjid layaknya seperti berada di sebuah koleidoskop penuh warna. Setiap hari, saat mentari pagi menyinari melalui kaca jendela warna warni, ruangan dalam masjid seakan berubah seperti dunia fantasi kaya warna, pola, dan cahaya yang bermain di permukaan lantai masjid.



Fitur elemen lainnya pun tak kalah memukau seperti desain arsitektur, ornamen pada dinding dan pilar, pola-pola ubin pada lantai, serta kubah masjid yang sungguh spektakuler.





Bersujud di Masjid Nasir Al Mulk pun akan semakin khusyuk dengan adanya karpet empuk nan tebal yang melapisi hampir seluruh lantai masjid. Warnanya yang juga beragam menambah kesan meriah di masjid.

Masjid indah ini dirancang oleh Muhammad Hasan-e-Memar dan Muhammad Reza Kashi Paz-e-Shirazi, dan menjadi kebanggaan masyarakat di Iran.

jumrahonline | jumrah.com