Insiden Mina, Ratusan Jamaah Tewas Terinjak-Injak

Sedikitnya 717 jemaah haji tewas dan sekitar 863 cedera akibat panik massal dan terinjak-injak saat melempar jumrah di Mina. Jumlah korban tewas dikhawatirkan terus bertambah.

Insiden Mina, Ratusan Jamaah Tewas Terinjak-Injak
Sedikitnya 717 jemaah haji tewas dan sekitar 863 cedera akibat panik massal dan terinjak-injak saat melempar jumrah di Mina. Jumlah korban tewas dikhawatirkan terus bertambah.

Laporan terbaru pemerintah Arab Saudi menyebutkan, sedikitnya 717 jemaah haji tewas dan sekitar 800 cedera akibat panik massal dan terinjak-injak saat melempar jumrah di Mina. 

Televisi Al Arabija dan media-media setempat juga melaporkan perkembangan jumlah korban meninggal tiap jam, dengan mengutip keterangan petugas administrasi sipil Arab Saudi. Sejauh ini belum diketahui apa pemicu panik massal tersebut.

Sebelumnya diberitakan, setidaknya 310 jemaah haji dinyatakan meninggal dunia akibat terinjak-injak saat ritual lempar jumrah di Mina, Arab Saudi, demikian laporan dari pihak pertahanan sipil Arab Saudi.

Jumlah korban tewas dikhawatirkan terus bertambah. Kecelakaan di Mina yang menewaskan ratusan orang berulang kali terjadi akibat panik massal saat berdesakan melempar jumrah. Saksi mata melaporkan aksi pertolongan darurat terus dilancarkan, ambulans terus berdatangan ke lokasi. Stasiun televisi Russia Today melaporkannya dari lokasi.

Dalam insiden di Mina, yang terjadi tepat pada hari raya Idul Adha ini, belum disebutkan asal negara dari korban jiwa yang jatuh.

Namun koresponden BBC Seksi Hausa, Tchima Illa Issoufou, yang berada di tempat kejadian mengatakan banyak jemaah haji dari Niger meninggal dunia.

Sementara itu perwakilan pemerintah Indonesia di Arab Saudi sudah mengirim tim untuk memastikan apakah ada jemaah haji Indonesia yang menjadi korban dalam peristiwa di Mina ini.

Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi mengatakan masih belum mengetahui penyebab tragedi berjejalan ini.
 

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz angkat bicara setelah Kerajaan Arab Saudi disalahkan dalam tragedi kemarin. Ia menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas tragedi itu. Dia langsung memerintahkan aparat berwenang untuk meninjau manajemen haji.
jumrahonline

Baca juga:
1) Insiden Mina, Maftuh Basyuni: Minim Pendidikan Jadi Penyebab
2) Insiden Mina: Saksi Mata Anggap Polisi Saudi Tak Sigap
3) Insiden Mina, Ratusan Jamaah Tewas Terinjak-Injak

4) Kronologi Insiden di Mina, Jalan Arab 204
.