Bersiap Menjadi Tamu Allah

Bersiap Menjadi Tamu Allah
Musim haji tiba. Para calon jamaah haji dari seluruh penjuru dunia pun bersiap menuju Mekah, Arab Saudi untuk menunaikan ibadah yang termasuk dalam rukun Islam ini.Tak terkecuali calon jamaah haji dari Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah jemaah haji terbesar di dunia mengingat Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar.

Para calon jamaah haji di Indonesia biasanya diberangkatkan dalam beberapa kelompok terbang (kloter) berdasarkan wilayah keberangkatan. Biasanya sebelum berangkat, para calon jamaah haji dikumpulkan terlebih dahulu di asrama haji untuk mendapatkan berbagai perbekalan, tes kesehatan dan manasik haji terakhir kali sebelum diberangkatkan.

Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri, para calon jamaah haji ditampung di asrama haji Pondok Gede. Asrama Haji Pondok Gede sendiri kedatangan 42 kloter calon jemaah haji yang terdiri dari 3 wilayah yaitu Jakarta dengan 14 kloter, Banten menyumbang 16 kloter dan Lampung 13 kloter. Masing-masing kloter menyumbang 445 calon jemaah haji.

Asrama haji Pondok Gede sendiri didesain untuk dapat menampung kurang lebih 2000 calon jemaah haji dan jika terjadi kendala seperti keterlambatan jadwal penerbangan pesawat, asrama haji Pondok Gede tetap bisa menampung para calon jemaah haji sampai waktu proses pemberangkatan ke tanah suci.


Untuk jumlah jamaah haji Indonesia sendiri yang telah mendarat di Madinah hingga kemarin jumlahnya mencapai 37.521 orang yang tergabung dalam 92 kelompok terbang (kloter) yang mulai mendarat di Madinah sejak 21 Agustus lalu.
 

Berdasarkan data dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), jumlah jamaah yang telah mendarat berasal dari embarkasi Solo (7.012 jamaah), Surabaya (5.716 jamaah), dan Jakarta Pondok Gede (4.904 jamaah). Kemudian, Jakarta-Bekasi (7.507 jamaah), Balikpapan (1.761 jamaah), Lombok (1.340 jamaah), Ujungpandang (2.230 jamaah), Palembang (442 jamaah), Padang (2.230 jamaah), Batam (1.753 jamaah) dan Medan (2.626 jamaah).
jumrahonline