Jamaah Terkendala Visa Pasti Berangkat Haji

Kementerian Agama menjamin calon jamaah haji yang belum berangkat ke Tanah Suci akibat terkendala visa akan segera berangkat sebelumn Kelompok Penerbangan (Kloter) terakhir berangkat ke Jedah.

Jamaah Terkendala Visa Pasti Berangkat Haji
Kementerian Agama menjamin calon jamaah haji yang belum berangkat ke Tanah Suci akibat terkendala visa akan segera berangkat sebelumn Kelompok Penerbangan (Kloter) terakhir berangkat ke Jedah.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham Lubis mengungkapkan bila saat ini proses pembuatan visa sudah lancer dan hamper rampung seluruhnya “Pasti bisa berangkat, saya dengar saat ini proses visa sudah lancer,” ucap Sri di Makkah, Selasa (24/8/2015).


Keterlambatan keluarnya visa yang dikelola Kementerian Haji Arab Saudi saat ini dikarenakan adanya penerapan sistem baru berupa pendaftaran melalui e-hajj. Untuk mendapatkan visa pemerintah yang mengajukan pembuatan visa terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan berupa jaminan pemondokan serta akomodasi lainnya termasuk transportasi, dan katering. Persyaratan seluruh paket yang ditentukan Kementerian Haji Arab Saudi tersebut barulah dimasukan ke dalam sistem e hajj.

“Setelah itu Kementerian Haji Arab Saudi memberikan persetujuan ke Kementerian Luar Negerinya untuk menyetujui pemberian visa bagi jamaah," ungkapnya.

Sistem e hajj yang baru dibangun tersebut tidak semulus yang direncanakan, akibatnya banyak calon jamaah yang tertunda keberangkatannya akibat belum keluarnya visa. Berbeda dengan sebelumnya, pengurusan visa haji cukup dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, sekarang visa terlebih dahulu harus melalui Kementerian Haji Arab Saudi dan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi yang terhubung secara online.

"Sebelumnya hanya terkoneksi secara online dengan Kementerian Luar Negeri. Jadi permintaan visa data jamaah itu kami masukan via website Kementerian Luar Negeri Arab Saudi untuk mendapatkan visa dan itu terkoneksi secara online dengan kedutaan," jelasnya

Permasalahan visa haji bukan hanya terjadi di Indonesia saja, beberapa Negara yang mengirimkan jamaah haji mempunya kendala yang serupa seperti Thailand, Pakistan, dan Nigeria “Namun kendala kita lebih besar dari mereka karena jumlah jamaah haji kita yang terbesar," katanya.

tribunnews.com



SEMUA UPDATE PELAKSANAAN HAJI TERKINI, KLIK DISINI