Taman Surga, Raudhah

Salah satu keistimewaan Masjid Nabawi di Madinah adalah adanya Taman Sorga Raudhah, yang terletak diantara rumah Nabi Muhammad dengan mimbar di dalam Masjid Nabawi. Seperti sabda Rasulullah SAW

Taman Surga, Raudhah
Salah satu keistimewaan Masjid Nabawi di Madinah adalah adanya Taman Surga Raudhah, yang terletak diantara rumah Rasulullah SAW dengan mimbar di dalam Masjid Nabawi. Seperti sabda Rasulullah, yang mengatakan;

ما بين قبري ومنبري روضة من رياض الجنة (المعجم الأوسط للطبراني،

“Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah di antara taman-taman surga” (HR. Bukhari no. 1196).

Taman Surga Raudhah merupakan salah satu ruangan di dalam Masjid Nabawi yang luasnya kurang lebih 144 meter persegi, ditandai dengan tiang pilar berwarna putih dengan kaligrafi yang khas, karpet/ambal berwarna putih hijau dengan ornamen khas, sedangkan karpet ruangan lain di dalam Masjid Nabawi berwarna merah.

Taman Surga Raudhah adalah nama yang diberikan oleh Rasulullah sendiri, tempat multazam untuk berdzikir dan berdo’a. Jamaah umroh dan haji yang akan memasukinya hendaklah bermunajad kepada Allah SWT agar dimudahkan jalannya dan memasukinya.

Jangan memaksakan diri dan menyakiti sesama pada saat memasuki Taman Surga Raudhah dengan saling mendorong dan berdesak-desakan. Tunggulah giliran dengan izin Allah. Insya’Allah, do’a yang dipanjatkan kepada Allah SWT akan terkabulkan.

Di dalam Taman Surga Raudhah terdapat tiang-tiang khusus yang memiliki nama-nama tersendiri, yaitu :

Usthuwaanah Aisyah disebut juga sebagai “Utswaanah Qur-ah” posisinya berada ditengah Taman Surga Raudhah, tiang ketiga dari dinding makam Rasulullah dan mimbar nabi. Pada zaman Rasulullah saw disini adalah tempat berkumpulnya para sahabat sholat dan muzakarrah. Di tiang ini juga ada tulisan “Usthuwaanah Aisyah” sebagai pengingat dan penghormatan kepada perjuangan “Ummul Mukminin” dalam penyebaran Islam.

Usthuwaanah At-Taubah, posisinya terletak diantara Usthuwaanah Aisyah dan Usthuwaanah As-sarir

Usthuwaanah As-Sarir, menempel langsung dengan dinding makam nabi Muhammad saw.

Usthuwaanah Al-Haras, berada pada bagian sebelah utara Usthuwaanah As-Sarir dan menempel dengan dinding makam nabi Muhammad saw. Di tempat ini dulu para sahabat menjaga dan mengawal nabi demi keselamatan beliau.

Usthuwaanah Al-Wufud, merupakan tiang yang dibangun untuk mengingatkan kita kepada Rasulullah saw saat beliau menerima tamu istimewa. Tiang itu terletak paling utara Usthuwaanah Al-Haras dan Usthuwaanah As-Sarir, posisinya juga menempel pada dinding makam Rasulullah SAW

Usthuwaanah Muhajirin adalah merupakan tiang yang mengingatkan akan kaum Muhajirin.

Sumber: umrohdanhaji.info